Kode Etik Psikologi

Rabu, 18 Juni 2014

Selamat malam di ulasan materi Psikodiagnostik yang terakhir. 

Kode Etik Dapat diartikan pola aturan, tata cara, tanda, pedoman etis dalam melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan. Kode etik merupakan pola aturan atau tata cara sebagai pedoman berperilaku.
Kode Etik menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah norma dan asas yg diterima oleh kelompok tertentu sebagai landasan tingkah laku.
Fungsi Kode Etik
Kode etik adalah rumusan yang bertujuan mengidentifikasi nilai, prinsip, dan standar etika tingkah laku dalam suatu profesi. Pada dasarnya kode etik memiliki fungsi ganda yaitu sebagai perlindungan dan pengembangan bagi profesi. Fungsi seperti itu sama seperti apa yang dikemukakan Gibson dan Michel (1945 : 449) yang lebih mementingkan pada kode etik sebagai pedoman pelaksanaan tugas prosefional dan pedoman bagi masyarakat sebagai seorang professional.
Biggs dan Blocher ( 1986 : 10) mengemukakan tiga fungsi kode etik yaitu : 1. Melindungi suatu profesi dari campur tangan pemerintah. (2). Mencegah terjadinya pertentangan internal dalam suatu profesi. (3). Melindungi para praktisi dari kesalahan praktik suatu profesi.
Pengertian HIMPSI
            Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) merupakan satu-satunya organisasi profesi psikologi di Indonesia, didirikan di Jakarta pada tanggal 11 Juli 1959 dengan nama Ikatan Sarjana Psikologi, disingkat ISPsi. Sejalan dengan perubahan sistim pendidikan tinggi di Indonesia, melalui Kongres Luar Biasa pada tahun 1998 di Jakarta, organisasi ini mengubah nama menjadi Himpunan Psikologi Indonesia, disingkat Himpsi.
Sebagai organisasi profesi, Himpsi merupakan wadah berhimpunnya profesional Psikologi (Sarjana Psikologi, Magister Psikologi, Doktor Psikologi dan Psikolog). Sejak tahun 2003, lulusan program pendidikan profesi psikologi sudah setara dengan jenjang Magister. Misi utama Himpsi adalah pengembangan keilmuan dan profesi psikologi di Indonesia.
Pengertian APA
            American Psychological Association (APA) merupakan organisasi ilmiah dan profesional terbesar Psikolog di Amerika Serikat dan merupakan asosiasi terbesar di dunia psikolog dengan sekitar 152,000 anggota, termasuk para ilmuwan, pendidik, dokter, konsultan dan mahasiswa. Didirikan pada bulan Juli 1892 di Clark University oleh suatu kelompok yang terdiri dari 26 orang. Pemimpin pertamanya, yang disebut sebagai presiden, adalah G. Stanley Hall.


Kode etik bisa didownload untuk bisa lebih memahami kode etik tsb.


Sumber :
www.Himpsi.or.id
www.Apa.org.com

0 komentar:

Posting Komentar