Sabtu, 08 Juni 2013

Ngepost lagi nih hehe. Topik yang mau aku bahas kali ini tentang BAHASA. Cuman di Psikologi Kognitif nih yang ngebahas tentang BAHASA. Simak ya..

BAHASA

Apa itu bahasa? Komunikasi informasi melalui simbol-simbol yang disusun berdasarkan aturan sistematis.
Semua bahasa memiliki tata aturan ( system aturan).
Perkembangan Bahasa:
  1. 3 bulan – 1 tahun (mengoceh)Suara seperti berbicara tapi tidak memiliki arti. Ada periode kritis kalau periode ini diabaikan
  1. 1 tahun – 2 tahun (ucapan telegrafik)Kata2 yg tidak penting utk sebuah pesan tidak disampaikan. Misal: “Aku memberikan sepiring kue” menjadi: “memberikan sepiring kue”
  1. 3 tahun  (overgeneralisasi) 
    Anak2 mulai mengaplikasikan aturan bahasa
  1. 5 tahun (menguasai aturan dasar bahasa)Belum menguasai keseluruhan kosa kata dan kemampuan untuk memahami serta menggunakan aturan tata bahasa tertentu.
Kenapa bahasa yang ada sekarang banyak banget dan berubah ubah? 
           •Bahasa bersifat abritrer artinya hubungan antara lambang dengan yang dilambangkan tidak bersifat wajib, bisa berubah dan tidak dapat dijelaskan mengapa lambang tersebut mengonsepi makna tertentu.Bahasa bersifat produktif artinya, dengan sejumlah besar unsur yang terbatas, namun dapat dibuat satuan-satuan ujaran yang hampir tidak terbatas.
•Bahasa bersifat dinamis berarti bahwa bahasa itu tidak lepas dari berbagai kemungkinan perubahan sewaktu-waktu dapat terjadi.
Bahasa Bersifat Beragam
Meskipun bahasa mempunyai kaidah atau pola tertentu yang sama, namun karena bahasa itu digunakan oleh penutur yang heterogen yang mempunyai latar belakang sosial dan kebiasaan yang berbeda, maka bahasa itu menjadi beragam.
Bahasa sebagai alat komunikasi verbal, hanya dimiliki manusia.Hewan tidak mempunyai bahasa.Yang dimiliki hewan sebagai alat komunikasi, yang berupa bunyi atau gerak isyarat, tidak bersifat produktif dan dinamis

KESIMPULAN
Bahasa membentuk dan dapat menentukan cara seseorang memikirkan dunianya
Bahasa mempengaruhi cara seseorang menyimpan informasi dalam memori dan seberapa baik mereka dapat menarik kembali informasi tersebut
Bahasa mempengaruhi cara kita berpikir. Berpikir akan mempengaruhi bahasa yang menunjukkan bahwa bahasa dan berpikir berinteraksi dengan cara yg kompleks.

Sekian. Semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar