Sabtu, 08 Juni 2013

haloooo balik lagi nih sama Psikologi Kognitif. Kali ini bakal ngejelasin salah satu elemen dari berpikir. Simak yaaa... :)

KONSEP
Adalah pengelompokan mental untuk benda-benda, atau orang yang sama, warna, bentuk.
contoh : Konsep Segitiga, Buah buahan, Konsep motivasi. 

Konesp itu ibaratnya kaya kerangka pikiran kita. Di otak, kita udah mengkategorikan sesuatu. Di otak aja udah bikin kelompok gitu ya gimana ga ada geng dan rasisme hehehe
Konsep berfungsi untuk:
  • mengorganisasi fenomena yang kompleks menjadi lebih sederhana, sehingga lebih mudah digunakan dan secara kognitif mudah untuk dikategorisasi
  • Membantu mengklarifikasi objek yg baru kita hadapi berdasarkan pengalaman terdahulu
  • Mempengaruhi Perilaku
Jenis - Jenis Konsep

a. Konsep konkret
                Konsep konkret adalah pengertian yang menunjuk pada objek di dalam lingkungan fisik. Konsep konkret mewakili golongan benda tertentu seperti meja, kursi, dan pohon; golongan sifat tertentu seperti warna, bentuk, dan ukuran.
b. Konsep yang didefinisikan

                Konsep yang mewakili realitas hidup, tetapi tidak langsung menunjuk pada realitas seperti objek-objek konkrit, karena realitas itu tidak berbadan. Realitas yang tidak berbadan tidak dapat diamati secara langsung. Misalnya, anak A adalah saudara sepupu dari anak B.

Kenapa ya kita belajar Konsep? Pernah ga kita kenapa kita dengan mudah mengkategorikan sesuatu yg berbeda sebagai suatu kelompok? contohnya buah buahan. Ga semua buah itu manis kan, dan buah itu ga sedikit yang berbeda satu sama lain. Tapi kita ga kesulitan untuk mengenalinya kan. Tapi itu cuman ada di otak kita aja. Kalo ga dituangkan dalam sebuah perilaku ya gabakal tau konsep dalam seseorang itu apa hehe. Sekian, semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar