Tes Kepribadian

Selasa, 06 Mei 2014

                                              Tes Tes Kepribadian
Sebelum mengenal apa saja yang termasuk ke dalam tes- tes kepribadian. Kita harus tau apa itu kepribadian tsb.
Kepribadian?
Kata personality dalam bahasa Inggris berasal dari bahasa Yunani kuno prosopon atau persona, yang artinya 'topeng' yang biasa dipakai artis dalam theater. Para artis itu bertingkah laku sesuai dengan ekspresi topeng yang dipakainya, seolah-olah topeng itu mewakili ciri kepribadian tertentu. Jadi konsep awal pengertian personality (pada masyarakat awam) adalah tingkah laku yang ditampakkan ke lingkungan sosial- kesan mengenai diri yang diinginkan agar dapat ditangkap oleh lingkungan sosial.
Definisi kepribadian :
1. Kepribadian adalah nilai sebagai stimulus sosial, kemampuan menampilkan diri secara mengesankan (Hilgard & Marquis)
2. Kepribadian adalah kehidupan seseorang secara keseluruhan, individual, unik, usaha mencapai tujuan, kemampuannya bertahan dan membuka diri, kemampuan memperoleh pengalaman (Stern)
3. Kepribadian adalah organisasi dinamik dalam sistem psikofisiologik seorang yang menentukan model penyesuaiannya yang unik dengan lingkungannya (Allport)
4. Kepribadian adalah pola trait-trait yang unik dari seseorang (Guilford)
5. Kepribadian adalah seluruh karakteristik seseorang atau sifat umum banyak orang yang mengakibatkan pola yang menetap dalam merespon suatu situasi (Pervin)
6. Kepribadian adalah seperangkat karakteristik dan kecenderungan yang stabil, yang menentukan keumuman dan perbedaan tingkah laku psikologik (berpikir, merasa, dan gerakan) dari seseorang dalam waktu yang panjang dan tidak dapat dipahami secara sederhana sebagai hasil dari tekanan sosial dan tekanan biologic saat itu (Mandy atau Burt)
7. Kepribadian adalah suatu lembaga yang mengatur organ tubuh, yang sejak lahir sampai mati tidak pernah berhenti terlibat dalam pengubahan kegiatan fungsional (Murray)
8. Kepribadian adalah pola khas dari fikiran, perasaan, dan tingkah laku yang membedakan orang satu dengan yang lain dan tidak berubah lintas waktu dan situasi (Phares)



Tes Kepribadian adalah yang mengukur tentang Aspek psikologis :
mengungkap kepribadian secara luas, aspek kognitif, afektif, emosional dan aspekaspek
lainnya.
a. Teknik non proyektif
Tes kepribadian yang objektif, : EPPS ( Edwards Personal Preference
Schedule), MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory), 16 PF dan
CAQ (Clinical Analysis Questionnaire)
b. Proyektif
Tes kepribadian proyektif Misalnya:TAT (Thematic Apperception Test ), Grafis,
Wartegg, SSCT , tes bercak tinta Rho.

Sekilas ttg MMPI (Non Proyektif)
Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) diterbitkan pada tahun 1940. Perancang MMPI adalah R. Starke Hathaway , PhD, dan JC McKinley , MD. MMPI merupakan hak cipta dari University of Minnesota. MMPI dikembangkan pada tahun 1930 di Universitas Minnesota sebagai tes kepribadian yang komprehensif dan serius yang dapat digunakan untuk mendeteksi masalah kejiwaan.
Tes MMPI adalah sebuah alat tes inventori yang berisi banyak pertanyaan dengan option “ya” dan “tidak”, tujuannya adalah untuk mengetahui kepribadian seseorang, terutama gangguan-gangguan psikologis yang ada di dalam diri seseorang, seperti gangguan anti sosial, gangguan seksual, gangguan depresi, kehohongan, Dan sebagainya.

Tes Roschach (Proyektif)
Klopfer (1962) : teknik Rorschah merupakan puncak keberhasilan dari penelitian sebelumnya.
Hal yang membedakan dengan penelitian sebelumnya:
 Ahli sebelumnya hanya menganalisa bercak tinta dari segi isi dan respon serta imajinasi sedangkan Roschah berdasarkan fungsi persepsi karena imajinasi hanya berperan sedikit. Persepsi adalah proses asosiasi yang integratif antara gambaran-gambaran ingatan dengan penginderaan sehingga terjadi tigaproses: sensasi, memori, asosiasi.
 Yang dipentingkan Roschah bukan aspek dari isi jawabanm tetapi juga aspek formail dan strukturil yaitu menekankan utnuk memahami bagaimana seseorang memandang bercak tinta, bukan apa isi dari responnya. Kemudian Rorchah mengolah respon subjek dalam kategori-kategori analisa yang dikenal dengan kategori-kategori skoring.
DASAR PEMIKIRAN TES RORSCHAH
1. Asumsi
 Ada hubungan antara persepsi dengan kepribadian
2. Bercak tinta
 Ambigous dan unstructured, yaitu persepsi personal, spontan dan tidak dipelajari.
3. Tujuan utama
 Mendeskripsikan kepribadian seseorang secara keseluruhan (Gestalt)
Contoh tes Roschach :


Edward Personal Preference Schedule
Merupakan tes yang disusun oleh konsep manifest dari Henry Murray pada tahun 1958 dan direvisi 1959.
EPPS mengukur 15 variabel. Merupakan tes kepribadian yang pertama sebagai alat riset dan konseling, yang cepat dan mudah dalam mengukur sejumlah variable.
Contoh EPPS : 

Thematic Appreciation Test
TAT merupakan singkatan dari Thematic Appreciation Test. TAT adalah sebuah test yang dilakukan untuk mengetahui kognitif atau gambaran kepribadian secara umum dari seorang. Dan yang diteliti di sini, adalah pengukuran yang dibutuhkan dalam sebuah pemberian nilai dari test ini. Dengan berbagai macam perhitungan, kita bisa mengetahui alat ukur yang digunakan untuk menghitung, bahkan mampu menarik sebuah kesimpulan, dalam menentukan kepribadian dan kognitif seseorang secara umum.
Metode dengan menggunakan dengan kartu bergambar seukuran 4 X 6 inchi. Diberikan masing – masing, pria dan wanita, 5 jenis kartu yang berbeda dan 1 kartu kosong. Partisipan berjumlah 1619 yang diambil secara acak dari 2460 inteviewee. Mereka akan diberikan waktu untuk menceritakan arti kartu bergambar tersebut, secara lisan, detail dengan emosi yang mendalam (mendramatisir).
Hasilnya, berdasarkan deskriptif statistik, menunjukkan alat ukur yang digunakan, mampu menunjukkan skor yang tinggi. Ini berarti penggunaan TAT dengan pengukuran untuk menhitung angka jumlah berkorelasi dengan baik. Kepribadian secara umum dapat terlihat sesuai data yang ada.



Daftar Pustaka
Groth-Marnat, Gary.(2003). Handbook of psychological assessment 4th edition. United States : John Wiley & Sons, Inc
Feist & Feist. (2009). Theories Of Personality -Seventh Edition. Boston : The McGraw−Hill Companies.

Anastasi, A., Urbina, U. (2007). Tes Psikologi (Edisi Ketujuh). Indonesia: PT Indeks

0 komentar:

Posting Komentar