Kamis, 25 April 2013

REVIEW PSIKOLOGI KOGNITIF #1:

gutten nacht!!! udah lama ya ga posting. Malem ini aku mau posting. Harus posting, ya harus. What the~

Dosen aku mas seta itu nyuruh ngereview materi pake blog, okelah. Jadi mau bagi bagi ilmu nih haha jadi jangan bosen yaaa baca postinganku selanjutnya :)


Sebelum kita bahas tentang psikologi kognitif, kita bahas aliran aliran terdahulunya. Psikoanalisis, aliran ini bisa dibilang yang paling terkenal, tapi belum semua orang memahaminya. Pasti udah pernah denger Sigmund Freud kan? namanya aja ada di daftar 100 tokoh yang paling berpengaruh dalam sejarah yang ditulis Hart. Psikoanalisis mempelajari ketidaksadaran. Sistem kepribadian meliputi ketidaksadaran. Teori gunung es yang sangat terkenal, Id-ego-superego, defence mechanism, dll. Kepribadian anak ditentukan dari 5 tahun pertama. jadi kalo 5 tahun pertama itu menentukan jadi apa anak itu dan baik atau jahatnya anak itu.

Behaviorisme, salah satu dari cikal bakal psikologi kognitif. Aliran ini mempelajari perilaku manusia yang tampak. Tidur itu bukan tidak sadar melainkan sadar yang dimodifikasi. Karena saat tidur, otak masih bekerja. Ivan Petrovich Pavlov yang sangat terkenal akan teori Classical Conditioningnya, bahwa perilaku itu bisa diubah dengan latihan dan diberikan stimulus. Ada lagi B.F Skinner, dengan teori operant conditioningnya hampir sama dengan classical conditioning bedanya tingkah laku dimunculkan dengan aktif. Ada lagi J.B Watson yang terkenal dengan quote " beri saya sepuluh anak, akan saya jadikan sepuluh anak itu sesuai dengan keinginan saya".

Lalu, Humanistik. Humanistik dari kata human yang artinya manusia. Sehingga manusia itu dipandang sebagai manusia itu sendiri. Tingkah laku seseorang dilihat dari tujuannya dan sisi manusia itu sendiri bukan dari masa lalu, atau dikondisikan. ,

Nah dari ketiga tersebut, engga ada ya yg mempelajari ttg bagaimana manusia bisa berpikir, mengambil keputusan, memecahkan masalah, bagaimana kemampuan bahasa bisa dikuasai, mengapa kita bisa mengingat suatu hal, dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan fungsi mental yang lebih dalam. Dan Manusia bisa mengambil keputusan yang berbeda walaupun sudah dikondisikan sedemikan rupa. Atau
Manusia tidak ditentukan dari 5 tahun pertama, karena manusia bisa berubah dan bisa menentukan arah mereka sendiri dan juga ada tahap tahap perkembangan anak sehingga anak bisa diarahkan lebih baik lagi.

Aliran Kognitif mempelajari fungsi- fungsi mental yang lebih dalam yang meliputi kesadaran seprti berfikir, ingatan, bahasa dan lain lain. Aliran kognitif lebih modern ketimbang psikoanalisis dan behaviorisme.

I am not what happened to me, i am what i choose to become. ~Carl gustav jung







1 komentar:

seta mengatakan...

nice environment...and nice posting...thanks for sharing ya..keep on spirit for better 1ndONEsia...

Posting Komentar